Wednesday 9 October 2013

Komponen Pemrograman Java

Pada pemrograman Java terdapat beberapa komponen untuk membangun struktur pada program seperti, Variabel, Konstanta, Indentifier (pengenal), tipe data primitif hingga tipe data buatan user, operator, dan lain-lain.

Identifier

Identifier atau biasa kita sebut Identitas dalam dunia pemrograman identitas itu diberikan kepada: variabel, class, method, packages,  konstanta. Dalam pemrograman identifier adalah sebuah simbol yang merupakan deretan karakter yang tersusun memiliki arti tertentu (seperti nama manusia).

Variabel

Variabel digunakan untuk menyimpan data di dalam program. Dalam pemrograman Java, variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu. Yaitu dengan cara disebutkan lebih dulu tipe data yang akan di tampung oleh variabel tersebut kemudian baru identifiernya diikuti dengan tanda titik koma.
Contoh:
 





Jika terdapat variabel yang memiliki tipe data yang sama, dapat dituliskan seperti berikut:




Konstanta

Konstanta juga berguna untuk menampung data, tetapi konstanta tidak dapat diubah nilainya sewaktu program berjalan. Konstanta nilanya di atur sewaktu program dirancang.
Contoh:
Pada contoh di samping, PI adalah konstanta yang memiliki tipe data double dan memiliki nilai 3.14.



Assigment Operator

Arti dari assigment operator adalah operator penugasan berupa tanda = (sama dengan). Operator ini fungsinya memberikan nilai kepada varibel atau konstanta. Contohnya setelah varibel di deklarasikan dapat diberikan sebuah nilai awal pada variabel tersebut dengan bentuk penulisan sebagai berikut:

Variabel yang diberi nilai selalu terletak pada sebelah kiri. Nilai yang diberikan juga tidak hanya berupa nilai secara langsung, tetapi bisa juga sebuah rumus.

Tipe Data Numerik

Pada Java, terdapat tipe data sederhana dan tipe data array. Tipe data sederhana terdiri dari : tipe Boolean, dan tipe data numeric terdiri dari byte, short ,int, long, char, float dan double. Boolean adalah tipe data untuk besaran logika, hanya memiliki dua kemungkinan nilai, true atau false.
Tipe data numerik:

Numerik Operator

Java juga menyediakan operator yaitu simbol-simbol yang mana sewaktu dibaca oleh kompiler Java akan diartikan sebagai tindakan untuk pengolahan terhadap data numerik yang ada pada sebelah kanan atau kiri simbol tersebut.
Operator tersebut diantaranya:

Operator Penyingkat

Selain operator penyingkat diatas, ada beberapa operator lagi yang memiliki fungsi sebagai penyingkat operasi matematika dan digunakan dalam loop atau perulangan.


Tipe Data Char

Tipe data char menggunakan keyword char untuk mendeklarasikan tipe datanya. Nilai yang dapat ditampung oleh variabel bertipe ini adalah sebiah karakter, baik huruf, angka ataupun karakter lainnya.



Karakter Escape

Seperti halnya pada C++ Karakter escape mewakili karakter-karakter seperti enter, backspace, dan lain-lain.


Tipe Data Booelan

Tipe data boelan adalah tipe data unik yang hanya mempunyai kemungkinan nilai yaitu true atau false. Booelan akan sering dijumpai pada saat merancang kontrol program dan menggunakan ekspresi-ekspresi logika.

Tipe data booelan juga memiliki operatornya sendiri dan tipe data yang dihasilkan dari operasinya adalah booelan juga.

Tipe Data String

Tipe data string adalah tipe data yang mampu menampung kata dan kalimat. Jadi, string adalah tipe data yang menampung urutan karakter yang memiliki arti tersendiri. Pada dasarnya String adalah sebuah "predefined class" atau class build-in pada Java.
Contoh:


Sumber:
Wahana Komputer. Tutorial 5 Hari Membangun GUI dengan JAVA Netbeans 6.5, ANDI, Yogyakarta, 2010.
 

No comments:

Post a Comment