Wednesday 9 October 2013

Struktur Dasar Pemrograman Java

Komentar

Komentar adalah baris program yang tidak ikut di proses atau dikerjakan sebagai suatu perintah oleh kompiler dan interpreter. Baris komentar hanya berfungsi untuk keterangan coding dibawahnya.
Contoh penulisan komentar pada Java:
  1. //komentar
  2. /*komentar*/
  3. /**komentar*/

Kata Kunci

Kata kunci adalah kata-kata yang sudah memiliki arti tersendiri atau khusus bagi interpreter dan kompiler Java untuk diterjemahkan menjadi perintah kepada komputer untuk mengerjakan sesuatu. Contohnya, bila kompiler menemukan kata Class, maka otomatis kompiler akan menterjemahkan bahwa itu adalah awal dari class dan nama classnya ada di sebalah kanannya.

Modifier

Modifier adalah kata khusus pada pemrograman Java yang berfungsi untuk menetapkan properti dari data, method, atau class dan bagaimana cara menggunakannya. Sebuah variable atau class atau method yang memiliki modifier public berarti dapat diakses oleh class lainnya. Sedangkan jika memiliki modifier private maka tidak bisa diakses oleh class lainnya, hanya class yang mendefinisikannya.

Statement

Statement merepresentasikan sebuah aksi atau sebuah urutan aksi.
Contohnya:
System.out.println("Hello, Selamat Datang!!");
Pada statement diatas akan menghasilkan kalimat Hello, Selamat Datang!!. pada statement ini dapat digunakan cara cepat dengan hanya mengetikan sout + tombol TAB pada keyboard, kemudian diisikan kata yang akan diisikan dalam tanda petik dua ("...").

Blok 

Tanda brace (kurung kurawal) di dalam program yang membentuk sekelompok (satu blok) perintah atau komponen lain dalam program digunakan untuk membentuk sebuah struktur pada program seperti class atau method.
 public class hello
{//awal blok class
public static void main(String[]args)
{//awal blok method
System.out.println("Hello Semua!!");
{//akhir dari blok method
{//akhir dari blok class

Class dan Objek

Class wajib dimiliki setidaknya 1 pada tiap program berbasis Java, karena class pada Java adalah struktur program yang paling mendasar. Untuk pengertiannya sendiri Objek adalah kesatuan entitas(benda) yang merupakan representasi nyata dari sebuah Class. Sedangkan Class adalah sebuah tipe data abstrak yang merupakan pemodelan dari objek yang berisi atribut(data) dan tingkah laku(method) yang dimiliki oleh objek tersebut. Sebagai contoh diatas terdapat class yaitu class hello.

Method

Sebuah class harus memiliki setidaknya sebuah method. Jadi, method harus ada di dalam class dan tidak dapat berdiri sendiri seperti sebuah fungsi di luar class. Pada saat membuat method, Anda juga mendefinisikan apa yang method tersebut lakukan. Untuk menggunakan method, Anda harus memanggilnya. Ada dua cara memanggil method tergantung apakah method tersebut mengembalikan nilai kembalian atau tidak. Jika method mengembalikan nilai, maka Anda harus menyediakan variabel penampung yang memiliki tipe data yang sesuai dengan nilai kembalian.
Contoh:
int minim=min(9, 10);

Main Method

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tiap class harus memiliki method, dan setiap class harus memiliki method, dan setiap class utama dalam program juga harus memiliki  method utama yang disebut juga main method. Main method berfungsi mengontrol seluruh alur dari program sewaktu menjalankan programnya.


Sumber: Wahana Komputer. Tutorial 5 Hari Membangun GUI dengan JAVA Netbeans 6.5, ANDI, Yogyakarta, 2010.
Sumber:
Wahana Komputer. Tutorial 5 Hari Membangun GUI dengan JAVA Netbeans 6.5, ANDI, Yogyakarta, 2010.

No comments:

Post a Comment